Antisipasi Hal-hal Tidak Diinginkan, Kantor SAR Pangkalpinang Siaga SAR Khusus Lebaran

oleh -

PANGKALPINANG, Aquilaindonesia.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik yang masif, terutama di jalur penyebrangan Muntok – Palembang

“Hal itu terjadi mengingat tradisi masyarakat Bangka Belitung, melakukan mudik untuk menemui keluarga yang ada di kampung halaman,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka Astawa di Pangkalpinang, Kamis (13/4/2023).

Lanjutnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan khususnya bagi pemudik, maka pihaknya melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran 2023/1444 H secara serentak di seluruh Indonesia.

“Dalam Siaga SAR khusus Basarnas tahun ini lebih fokus untuk mengoptimalkan pelayanan keselamatan kepada masyarakat,” jelas Oka.

Menurutnya Siaga SAR ini dengan sasaran menempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi startegis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal.

Mengingatkan apabila terjadi overload muatan dan cek ketersediaan dan kecukupan pelampung di kapal.

Mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, khususnya di ruas jalan tol, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik yang rentan keselamatannya terjebak dalam kemacetan ekstrim, seperti ibu hamil, orang lanjut usia, anak-anak dan pemudik yang sakit.

Melaksanakan evakuasi udara jika perlu dan melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi pariwisata/ keramaian, terutama wisata bahari/ air.

“Selain itu juga akan ada tim yang ditempatkan di bandar udara, terminal bus, serta pemantauan daerah wisata berpotensi bahaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuh Oka.

Pada kesempatan tersebut, dirinya menekankan kepada petugas Siaga SAR Khusus Lebaran agar tetap semangat, menjaga profesionalism dan menunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. (*)

Aquilaindonesia.com : Dwi Putra
Editor : Dwi Putra

Tinggalkan Balasan