Bangka Selatan Gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota Jelang Pilkada

oleh -

By : Yudhieka Aquilla

POLDA Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Polres Bangka Selatan (Basel) menyelenggarakan apel gelar pasukan dan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) operasi mantap praja 2020 Polres Basel dalam rangka pengamanan pilkada serentak di Basel tahun 2020.

Kegiatan ini berlangsung di Pelabuhan Sadai, Selasa (15/9/20) dengan dihadiri Gubernur Babel, Erzaldi.

Dengan di gelarnya apel pasukan dan simulasi sispamkota operasi mantap praja 2020 ini, Polres Basel diharapkan dapat mengamankan pilkada serentak di Basel, mulai dari tahapan awal hingga akhir pilkada, sehingga proses pemilihan kepala daerah yang diinginkan masyarakat terlaksana sebagaimana mestinya.

Kapolda Babel, Anang Syarif Hidayat mengatakan, pilkada di Basel ini berbeda dengan daerah lain, karena di Basel ada pasangan calon (paslon) yang berasal dari non partai politik sebagai bukti tingkat kedewasaan berpolitik di daerah ini sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Selain itu, suasana saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid -19, namun pesta demokrasi tetap dilaksanakan sesuai aturan pemerintah dengan penanganan yang berbeda dari pilkada sebelumnya.

Selain mempersiapkan semua rangkaian pilkada, pelaksana juga memikirkan solusi agar dalam pilkada kali ini tidak membuat klaster baru dalam penyebaran Covid -19.

Untuk itu Kapolda mengingatkan supaya setiap tahapan pilkada mulai dari pendaftaran paslon hingga akhir kegiatan harus menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

“Pilkada merupakan sarana mewujudkan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara luber, jujur, dan adil guna menghasilkan pimpinan pemerintahan yang demokratis berdasarkan pancasila dan UUD 45,” jelasnya.

Semua ini lanjutnya, akan terwujud bila proses pilkada diselenggarakan oleh penyelenggara secara profesional, integritas, akuntabilitas dan tetap menjaga netralitas. (rill/pemprov/babel)

Tinggalkan Balasan