UMKM di Bangka Belitung Naik Kelas Berkat KUR Bank Sumsel Babel

oleh -

PANGKALPINANG, aquilaindonesia.com –  Bank Sumsel Babel terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi pendorong utama kesuksesan banyak pengusaha di Bangka Belitung. Salah satunya Keritcu Super Sindi Snack, UMKM binaan Bank Sumsel Babel yang beralamat di jalan RE, Martadinata No.9 Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang.

Dalam mengembangkan usahnya, Owner Keritcu Super Sindi Snack, Riskyana mengakui pembiayaan yang diperlukan sangat terbantu dengan fasilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Sumsel Babel yang dimanfaatkan dengan baik sebagai pendorong modal kerja sebagai UMKM.

Riskyana menceritakan, awal mula memulai usaha Keritcu dengan bahan dasar telur cumi ini pada tahun 2010 lalu hingga sekarang dengan pelanggan yang cukup banyak.

Riskyana menjelaskan, telur cumi dianggap kebanyakan orang sebagai limbah dan tidak terpakai, kemudian dibuang. Dengan ide dan keberanian ia kemudian berkreasi bagaimana caranya memulai mengolah limbah yang dianggap tidak memiliki nilai jual dan tidak menarik tersebut agar bisa diolah menjadi makanan atau cemilan yang disukai banyak orang, sehingga terciptalah makanan yang dinamakan Keritcu ini.

Modal usaha yang dikeluarkannya dalam usaha ini kata Riskyana sebesar Rp 7.000.000 dengan menargetkan kerabat terdekat sebagai pelanggan utama, kemudian promosi dari mulut ke mulut dan sampai saat ini pelanggannya sudah mencapai seluruh Bangka Belitung.

“Keritcu ini mulai banyak dikenal karena selain sebagai cemilan, tapi bisa dibawa juga dalam bentuk oleh–oleh khas dari Bangka Belitung. Dengan banyaknya warga dan masyarakat Babel yang mudik, dan dari luar pulau Bangka pun sudah banyak yang tahu dengan makanan/cemilan khas tersebut,” jelasnya beberapa waktu lalu

Menurut Riskyana, dalam pembiayaan ia sangat terbantu melalui fasilitas pembiayaan KUR dari Bank Sumsel Babel yang ia manfaatkan dengan baik sebagai pendorong modal kerja. Usaha tersebut meningkat karena semakin banyak peralatan untuk memudahkan dalam pengolahan keritcu.

“Semoga Bank Sumsel Babel selalu menjadi Mitra dan Solusi untuk seluruh UMKM di Bangka Belitung yang membutuhkan bantuan pembiayaan,” harapnya.

Ia menambahkan, sejak awal tahun 2024 pengelolaan keuangan usaha Keritcu Super Sindi Snack ini   sudah menggunakan Qris dari Bank Sumsel Babel, untuk memudahkan semua pembayaran Non-tunai dan praktis.

“Manfaat yang kami rasakan ketika hadirnya Qris dari Bank Sumsel Babel, yaitu memudahkan dalam bertransaksi secara Non Tunai,” ucapnya.

Terpisah, Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Sumsel Babel, Ahmad Azhari mengatakan, Bank Sumsel Babel berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (rill/sywl)

Tinggalkan Balasan