Satlantas Polres Bangka Data 573 Pelanggaran dan Amankan 47 Knalpot Brong

oleh -

SUNGAILIAT, aquilaindonesia.com –  Operasi Keselamatan Menumbing 2023 resmi ditutup kemarin, operasi yang dimulai sejak tanggal 7-20 Februari 2023 itu Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bangka, berhasil amankan knalpot racing/ brong sebanyak 47 buah.

“Selain itu, terdata sebanyak 573 pelanggaran, empat kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) dengan satu korban meninggal dunia dan tiga luka ringan,” tegas Kasat Lantas Polres Bangka, Iptu Rizka Siti Amalia seizin Kapolres Bangka, AKBP Taufik Noor Isya dan didampingi Kasi Humas Polres Bangka, AKP Zulkarnain dan KBO Sat Lantas, Iptu Kardonetso Siagian di Sungailiat, Selasa (21/2/2023).

Lanjutnya dari semua pelanggaran yang dilakukan diberikan teguran tertulis dan surat pernyataan agar tidak mengulangi pelanggaran.

“Pelanggaran didominasi pengendara kendaraan sepeda motor, seperti tidak menggunakan helm dan melawan arus lalu lintas,” jelas Iptu Rizka.

“Selama kami tidak melakukan penilangan manual terhadap pelanggar, namun diberikan teguran sekaligus himbauan untuk tidak melakukan pelanggaran lalulintas,” ujarnya.

Selain melakukkan peneguran terhadap pelanggar kendaraan bermotor, Sat Lantas Polres Bangka juga lebih mengedepankan sosialiasi, edukasi dan himbauan kepada masyarakat terkait tertib berlalulintas.

Sosialisasi dilakukan ke sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, pembagian pamflet, brosur, pemasangan spanduk, juga sampai dengan pemberian helm, bunga dan coklat kepada pengendara yang tertib berlalulintas.

“Lebih humanis dalam menggelar Operasi Keselamatan Menumbing 2023 sekaligus lebih mendekatkan kepada masyarakat sehingga keberadaan Polri dirasakan ditengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Iptu Rizka menghimbau kepada masyakarat agar selalu mentaati aturan lalulintas kapanpun dan dimanapun saat berada dijalan raya.

“Jangan menaati aturan saat ada petugas saja serta perlu kesadaran bahwa peraturan lalulintas dibuat demi kepentingan pengguna jalan raya, untuk keselamatan dan kenyamanan bersama,” pungkas Iptu Rizka. (*/ dp/ pr)

Tinggalkan Balasan