Sambangi Masyarakat Adat Suku Mapur, Bawaslu Babel Pastikan Punya Hak Pilih Pemilu 2024

oleh -

PANGKALPINANG, Aquilaindonesia.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih bersama Bawaslu Kabupaten Bangka di Suku Mapur, Desa Air Abik, Kecamatan Belinyu.

Kegiatan dipimpin langsung Ketua Bawaslu Babel EM Osykar, dilakukan untuk memastikan masyarakat adat di wilayah tersebut sudah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) atau terdata sebagai pemilih pada pemilu 2024 mendatang,

“Langkah ini merupakan upaya untuk mengawal hak pilih masyarakat, mengingat tanggal 14 Maret 2023 adalah hari terakhir coklit data pemilih,” kata Osykar, Senin (13/3/2023) kemarin.

Selain itu, masyarakat adat memang menjadi perhatian khusus Bawaslu dalam Patroli Kawal Hak Pilih ini, hasilnya didapati bahwa seluruh masyarakat Suku Mapur sudah terdata sebagai daftar pemilih.

“Masyarakat adat ini jarang tersentuh khususnya dalam persoalan kepemiluan. Oleh karena
itu, perlu menjadi perhatian khusus bagi kami untuk memastikan hak pilih mereka menjelang pemilu 2024,” jelas Osykar.

Dari hasil patroli, hingga saat ini ada 70 kepala keluarga (KK) di Suku Mapur yang sudah mempunyai hak pilih pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

Osykar berharap seluruh masyarakat adat dapat mendukung pengawasan partisipatif dengan menjadi pemilih cerdas dan bersama bawaslu mengawasi pemilu.

Ditempat terpisah, Anggota Bawaslu Babel, Andi Budi Prayitno, menjelaskan bahwa langkah ini juga
merupakan bagian dari pelaksanaan Program Sosialisasi Pengawasan dan Seputar Peraturan
Kepemiluan atau lebih dikenal ‘Sowan Sepekan’.

Menurut pria yang akrab disapa ABP itu, Sowan Sepekan merupakan program unggulan Bawaslu Babel.

“Langkah ini juga sekaligus mengedukasi masyarakat yang diteruskan ke Bawaslu kabupaten/kota, agar masyarakat memahami politik (political literacy) yang diharapkan menjadi pemilih cerdas dan dapat berperan aktif dalam mengawasi Pemilu untuk Pemilu 2024 yang demokratis,” kata ABP.

Sementara itu, Ketua Adat Suku Mapur, Gedoi atau biasa disapa Abok, mengaku siap mendukung dan
mensukseskan pemilu 2024, ia berdo’a agar pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, tertib dan damai. (*)

Bawaslu Babel : Jazzkyanda
Aquilaindonesia. Com : Dwi Putra

Tinggalkan Balasan