Padam, PLN Gerak Cepat

oleh -
Sedikitnya 321 petugas PLN nonstop berjibaku mengatasi gangguan robohnya tower yang menyebabkan pasokan listrik di Pulau Bangka terganggu.

Oleh: Agus Cakraputra Ismunarno

 

  • Tower Roboh; 5 Titik Kena Dampak
  • 300 Petugas Berjibaku
  • Estimasi 7 Hari  Pulih

JELANG RAMADHAN energi listrik PLN di Pulau Bangka padam. Padahal cuaca ekstrim tidak begitu terjadi di Kepulauan Bangka Belitung. Apa yang terjadi?

PLN pun gerak cepat menemukan sumber gangguan dengan menurunkan sedikitnya 321 petugas PLN.

Diharapkan, seminggu kedepan kelistrikan di Babel kembali pulih.

AQUILA MEDIA GROUP mendapat konfirmasi langsung dari
Hery Fernandes, Nara Hubung PLN
MSB APKU UIW BABEL.

Hery di tengah kesibukannya menjawab AQUILA Indonesia via chat Whatsapps.

“Sedikitnya 321 kawan-kawan nonstop mengatasi gangguan di lokasi,” kata Hery Fernandes Selasa, (22/3-23).

Hery juga mengatakan, “Estimasi jika tidak terhalang kondisi di lapangan 7 hari teratasi.”

Semesta kadang memang tidak terduga. Hery Fernandes mengatakan, “Cuaca semalam ekstrem membuat kelabakan karena aliran dari Sumatera ke kita (Babel) jadi terputus.”

Sebenarnya, kata Hery Fernandes, “Cuaca di kita (Bangka) bagus, rupanya di Palembang yang ekstrim. 5 Titik yang kena semalam.”

Akibat cuaca ekstrim di Palembang, tower di jalur
Kenten – Tanjung Api-api Sumatera Selatan, roboh.

Pemadaman Bergilir

PT PLN (Persero) tanpa henti memulihkan kelistrikan di Pulau Bangka yang mengalami gangguan pada jalur transmisi Kenten – Tanjung Api-api dan memutus aliran listrik kabel laut dari Sumatera ke Pulau Bangka itu.

Antisipasinya, PT PLN (Persero) langsung mengoperasikan mesin pembangkit secara terpisah (Island System) dari sistem Sumatera untuk meminimalisir dampak padam yang terjadi Senin (21/3-23) pada pukul 20.56 WIB.

Hasil penelusuran petugas di lapangan, melaporkan adanya beberapa tower transmisi yang roboh di jalur Kenten – Tanjung Api-api Sumatera Selatan.

Hingga Senin (21/3-23) pukul 22.15 WIB sudah menyala 55% pelanggan atau 220.000 pelanggan dari total 400.000 pelanggan yang ada di Pulau Bangka.

PLN terus berkoordinasi dengan stakeholder dan seluruh masyarakat untuk menginformasikan progress pemulihan sistem ketenagalistrikan di Pulau Bangka.

Putusnya pasokan listrik dari Sumatera mengakibatkan kondisi defisit daya di Pulau Bangka.

Diperkirakan untuk beberapa waktu kedepan akan diterapkan pemadaman bergilir di Pulau Bangka sampai dengan selesainya perbaikan tower di Sumatera Selatan.

PLN UIW Babel menghimbau pelanggan untuk dapat melakukan pengurangan pemakaian listrik sebanyak 30 persen untuk mengurangi pemadaman bergilir.

85 Persen Aman

Dalam press release yang diterima AQUILA Media Group, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (UIW Babel) memberikan kemajuan terkini.

Tercatat, hingga hari Selasa (21/3) pukul 10.30 WIB sebanyak 249 ribu pelanggan atau sebesar 85% dari total pelanggan PLN di Pulau Bangka telah kembali menikmati pasokan listrik.

“321 petugas kami siagakan 24 jam penuh guna melakukan percepatan pemulihan pada sistem kelistrikan di Pulau Bangka”, ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka Edy Saputra.

Edy juga menyampaikan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan stakeholders maupun masyarakat setempat terkait progres pemulihan kelistrikan tersebut.

“Kami mohon doa dan dukungan juga dari seluruh pihak agar proses pemulihan ini dapat berjalan dengan lancar dan seluruh pelanggan dapat kembali menikmati listrik yang andal seperti sedia kala”, tambahnya.

Sebagai langkah penanganan sementara, PLN juga melakukan pemasangan genset dan lampu emergency di lokasi objek vital maupun pelayanan umum seperti rumah sakit, kepolisian, kantor pemerintahan dan layanan publik lainnya.

“Kami juga membangun posko darurat untuk memudahkan pemantauan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Semua ini adalah upaya PLN untuk tetap memberikan penerangan selama masa pemulihan”, kata Edy.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses aplikasi PLN Mobile jika membutuhkan informasi maupun melakukan pengaduan.

PLN juga membuka layanan informasi melalui Narahubung
Hery Fernandes
MSB APKU UIW BABEL
Tlp. 0717 439300
Facs. 0717 439600. */editor: Agus Ismunarno

Tinggalkan Balasan