Hadiri Sosialisasi KIK dan Pemetaan Kawasan Karya Cipta Kerja Tahun 2023, Ini Kata Penjabat Gubernur

oleh -

PANGKALPINANG, Aquilaindonesia.com – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu menghadiri Sosialisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dan Pemetaan Kawasan Karya Cipta Kerja Tahun 2023.

Sosialisasi yang mengusung tema “Perlindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Komunal untuk Peningkatan Ekonomi Daerah” ini, diselenggarakan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung di Hotel Santika Pangkalpinang, Senin (15/5/2023).

Suganda mengatakan acara ini  merupakan moment untuk membangun persepsi yang sama dalam melaksanakan pembangunan di Babel, khususnya dalam pemanfaatan budaya-budaya tradisional guna menunjang pengembangan pariwisata.

Namun ada beberapa hal yang harus ditangani oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel seperti harus mendaftarkan semua kekayaan intelektual yang ada di Babel.

“Hal-hal yang seperti ini yang harus kami tangani, bagaimana kekayaan intelektual komunal  di Babel bisa didaftarkan semuanya. Ini adalah kebijakan lokal yang mungkin harus kita daftarkan. Banyak hal yang menjadi perhatian kita, salah satu contoh ada kerupuk khas dari Belitung, dan ini menjadi PR bagi Belitung untuk bisa mendaftarkannya, dan juga di Air Abik masih ada tiga lagi yang belum di daftarkan, itu artinya masih banyak yang harus kita daftarkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Suganda juga menjelaskan, bahwa kedepan akan ada pemetaan dari Dinas Pariwisata Babel, untuk turun ke lapangan dan akan menjadi konsep untuk mendata ulang, apa saja yang ada di masing-masing kabupaten/ kota untuk bisa segera didaftarkan dan dipromosikan, sehingga orang bisa mengenal Babel adalah provinsi yang luar biasa dan modern.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Babel Harun Sulianto, menyebutkan alasan atas diselenggarakannya Sosialisasi Kekayaan Intelektual Komunal dan Pemetaan Kawasan Karya Cipta Kerja Tahun 2023 ini.

“Kegiatan pagi ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pentingnya Kekayaan Intelektual Komunal serta terkait pemetaan Kawasan Karya Cipta Kerja Tahun 2023 di Babel,” tukasnya. (*)

Diskominfo Babel : Penulis Elvianti

Aquilaindonesia.com : Dwi Putra

Tinggalkan Balasan